Jumat, 16 Desember 2011

Cara Mengasah Otak Kanan

   Setiap manusia pasti memiliki otak. Otak pun terdiri dari beberapa bagian seperti otak besar,otak kecil, otak kiri dan otak kanan, bahkan sekarang ada yang bilang ada otak tengah. Tapi kita hanya akan membahas cara mengasah otak kanan. Karena kita semua telah di berikan keistimewaan dari otak kanan, kita tinggal menggunakan dan sering-sering mengasahnya.

   Otak kanan memang berkaitan erat dengan kreatifitas. Dan untuk itu dibutuhkan cara mengasah atau melatih otak kanan sehingga dapat menggunakan kreatifitas anda secara optimal. Sebenarnya mengasah otak kanan dapat dilakukan dengan mudah dan ada dalam kebiasaan kita. Hanya tinggal bagaimana kita mengeluarkan kreatifitas itu dalam bentuk apa saja.

   Beberapa kebiasaan seperti menulis, menggambar adalah suatu cara untuk mengasah otak kanan. Jadi, menulis blog seperti ini bisa jadi memerlukan otak kanan karena berkaitan dengan kreatifitas.



Inilah beberapa cara yang menurut saya dapat mengasah otak kanan :

1) Melukis dan Menggambar.
Melukis dan menggambar memang adalah suatu kegiatan yang membutuhkan otak kanan dan kreatifitas. Bagaimana para pelukis itu dapat menghidupkan karya dan lukisannya tentu membutuhkan kreatifitas. Semakin sering menggunakan kreatifitas maka akan semakin terasah pula otak kanan anda.

2) Menuangkan Kreatifitas Lewat Menulis.
Jika anda ingin mencoba sesuatu yang lebih, coba anda menulis dengan tangan kiri / menulis menggunakan tangan yang tidak terbiasa menulis. Misalnya anda terbiasa menulis menggunakan tangan kanan, silakan dicoba cara ini dengan menulis menggunakan tangan kiri.

3) Bergurau.
  Bergurau atau bercanda memang menggunakan otak kanan. Yang dimaksudkan disini adalah mencoba membuat suatu lelucon karena itu menggunakan kreatifitas.

4) Berimajinasi dan Berkhayal.
Siapa bilang kita tidak boleh berimajinasi ? Kita tidak boleh berkhayal ? Boleh-boleh saja asalkan itu tidak membuat dampak negatif pada diri kita. Misalnya berkhayal sambil melamun memang bukanlah hal yang baik. Berimajinasi bisa dilakukan tak hanya dengan melamun. Membaca cerita fiksi atau dongeng terkadang membuat kita berimajinasi dan berkhayal.

Atau mungkin berkhayal dan berandai-andai seperti : Andai saja negeri ini ..... pasti akan .... (terserah titiknya mau diisi apa oleh anda)

5) Membuat Sesuatu
   Membuat sesuatu ? Kenapa tidak ?
Orang yang bergelut di bidang sudah pasti mengandalkan kreatifitas.
Seperti membuat :
-musik
-melukis
-menulis
-desain
-mengukir
-membuat barang dengan ide dan kreatifitas yang lain.

6) Bermain
Kok bisa? Kita bermain itu sebenarnya juga menggunakan otak kanan. Jadi tentu juga akan mengasah otak kanan kita.

Artikel Terkait

Description: Cara Mengasah Otak Kanan Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Cara Mengasah Otak Kanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar