Sabtu, 17 Desember 2011

Chairi Anwar Si Penyair Legendaris


Siapa yang tak kenal Chairil Anwar ?
Tentu nama Chairil Anwar sudah tak asing lagi di telinga. Namun bila anda belum tahu tentang Chairil Anwar, coba baca artikel berikut ini.

Chairl Anwar adalah seorang penyair legendaris yang mempelopori puisi modern di Indonesia. Puisinya memang hidup dan sanggup menyentuh hati yang mendengarnya.

Ia lahir di Medan, 26 Juli 1922. Sejak kecil ia terkenal dengan semangatnya. Semangat pantang untuk dikalahkan. Keinginan dan hasratnyalah yang membuatnya meluap-luap, semangat tinggi dan menyala-nyala.

Beberapa puisinya sanggup menjadi ilham dan pendongkrak semangat di masanya. Bait demi bait dan kata demi kata yang ada pada puisinya terangkai dengan indah dan sanggup menggetarkan hati. Semangat dari Chairil Anwar di tuliskan ke dalam syair-syairnya, hingga tulisan itu menjadi hidup dan penuh arti.


Chairil Anwar juga memiliki julukan lain yaitu "Si Binatang Jalang". Ia adalah ujung tombak di Angkatan 45, membuat perubahan dalam dunia puisi dan syair di masanya. Kata-kata dalam puisi Chairil Anwar memang terlihat sangat lugas, solid dan kuat.

Tapi sayang penyair ini meninggal di usianya yang ke 26 (1922-1949)
Walau begitu, karyanya akan selalu dikenang. Dikenang oleh kami, mereka, semua, dan Indonesia. Sesuai dengan puisinya yang berjudul "Aku Mau Hidup Seribu Tahun Lagi".

Karangan Chairil Anwar sudah sekitar 94 karya, termasuk 70 puisi; kebanyakan memang tidak dipublikasikan hingga kematiannya.

Karangannya yang terkenal adalah:

-Aku

-Diponegoro

-Karawang-Bekasi

Dan masih banyak lagi..

Artikel Terkait

Description: Chairi Anwar Si Penyair Legendaris Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Chairi Anwar Si Penyair Legendaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar